Yuk, Kenali Jenis Headphone dan Fiturnya untuk Memanjakan Telinga

Siapapun yang suka musik pasti menjadikan headphone sebagai pendamping wajib di perangkat music player, laptop, hingga smartphone. Dengan semakin menjamurnya berbagai jenis brand headphone yang bertebaran di pasar, tentu akan membuat bingung dalam menentukan pilihan.

foto: heavyeditorial.com
foto: heavyeditorial.com

Sebelum memutuskan membeli, Anda harus mengetahui jenis-jenis headphone yang beredar di pasaran. Pasalnya, tidak semua jenis headphone sesuai dengan kebutuhan dan penampilan Anda. Apa saja jenisnya?

In-ear

In-ear adalah headphone yang bud-nya masuk ke dalam telinga dan menjadi jenis yang paling ringan dan compact dibandingkan jenis lainnya. Headphone jenis ini juga tidak akan mengintervensi pengguna yang mengenakan kacamata, anting, hingga topi dan bandana.

Sayangnya, tidak semua headphone In-ear yang beredar di pasaranya memiliki bud yang nyaman untuk masuk di telinga, terutama Anda yang punya mobilitas tinggi. Jadi, jika Anda ingin memilih headphone jenis ini sebaiknya cari brand yang memiliki ukuran yang bisa disesuaikan dengan telinga Anda.

On-ear

Headphone On-ear diyakini sebagai headphone yang paling umum dan everlasting dari sisi gaya. Headphone ini tidak memiliki bud yang masuk lubang telinga, melainkan berupa bantalan yang menempel sekedarnya di daun telinga, sehingga terasa lebih nyaman dan tidak panas.

Kelemahan dari headphone ini sudah bisa ditebak, karena sifatnya yang tidak mencorong ke dalam lubang telinga, jadi pengguna akan terintervensi dengan kebisingan-kebisingan di sekitar, seperti suara mobil hingga angin. Keuntungannya, dengan kelemahan ini pengguna bisa tetap aware di jalanan sekalipun sedang asyik mendengarkan musik.

Over-the-ear


Headphone Over-the-ear dianggap sebagai headphone profesional karena biasa digunakan untuk kepentingan broadcasting hingga disc jockey. Biasanya, headphone ini hadir dengan cup ukuran besar yang akan menutup daun telinga.

Nah, karena seluruh bagian telinga tertutup dengan rapat, suara yang dihasilkan headphone over-the-ear menawarkan kualitas suara yang lebih baik dibandingkan headphone lainnya. Sayangnya, dengan bentuk yang besar, headphone ini terbilang kurang portable. Dari sisi harga pun juga menjadi yang termahal dibandingkan headphone jenis lainnya.

Wireless Headphone

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak ingin dibuat ribet dengan urusan perkabelan yang membelit, wireless headphone kemungkinan adalah jenis yang Anda cari. Bersamanya, Anda hanya butuh koneksi bluetooth untuk bisa terhubung dengan perangkat yang ada.

Sayangnya, karena hadir tanpa kabel, wireless headphone membutuhkan pengisian ulang baterai. Jika Anda tergolong pendengar musik yang aktif, bisa-bisa harus setiap hari mengisinya. Tapi, perkara merepotkan tentu akan menjadi hal yang subjektif jika dilihat dari fungsionalitasnya yang lebih mobile.

Nah, selain tipe-tipe headphone di atas, Anda juga perlu mengenal fitur-fitur yang ada di sebuah headphone. Adapun fitur yang umum saat ini adalah sebagai berikut:

In-line Remote & Microphone


Ini adalah fitur yang bisa hadir di berbagai jenis headphone. Dengan fitur ini Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari memutar lagu selanjutnya dari playlist hingga menjawab panggilan dari smartphone karena adanya microphone kecil yang disertakan. Headphone yang memiliki fitur ini biasanya dijuluki sebagai hands-free karena tidak banyak membutuhkan aktivitas tangan untuk fungsi-fungsi memutar musik dan menjawab panggilan telepon.

Noise-cancelling


foto: deathandtaxesmag.com

Fitur ini menjadi salah satu andalan beberapa headphone high-end. Dengannya, Anda bisa berada di berbagai suasana dan kondisi lingkungan tanpa harus merasa terintervensi dengan suara-suara lain ketika mendengarkan musik.

Secara otomatis, fitur noise-cancelling akan menyesuaikan tingkat suara pada lingkungan. Jadi, misalnya Anda berada di suasana yang bising, fitur ini secara otomatis akan meningkatkan volume suara sehingga akan tidak perlu mengaturnya secara manual. Headphone yang memiliki fitur ini biasanya jadi andalan bagi mereka yang suka traveling untuk mengisi waktu dengan mendengarkan musik selama di perjalanan.

Jadi, apakah Anda sudah menentukan headphone yang paling cocok dengan kebutuhan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *